SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE KLASIS GPM PULAU-PULAU KEI KECIL DAN KOTA TUAL

Pengunjung saat ini

Senin, 09 September 2019

PEMDA KOTA TUAL DAN KABUPATEN MALUKU TENGGARA HADIRI LOUNCHING BULETIN VO'VO DAN LOMBA PENGOLAHAN PANGAN LOKAL TINGKAT KLASIS PP KEI KECIL DAN KOTA TUAL

Penyerahan Buletin kepada Wakil Bupati Maluku Tenggara
 Ir. P. Beruatwarin, M.Si
Ada satu lagi yang muncul baru muncul di Klasis Pulau-pulau Kei Kecil Dan Kota Tual pada awal bulan peringatan berdirinya Gereja Protestan Maluku secara kelembagaan gereja ini, yaitu dengan hadirnya Buletin "Vo'vo". Tercetusnya media informasi dan komunikasi Klasis ini sebagai jawaban atas hasil Keputusan Persidangan Klasis 64 di Jemaat GPM Ur Pulau yakni pada Program Kegiatan Bidang IV. 
Selain Lounching media komunikasi dan informasi Klasis Pp. Kei Kecil dan Kota Tual juga  Lomba Pengolahan Pangan Lokal yang dilaksanakan pada hari Senin, 09 September 2019 kemarin di gedung Serbaguna jemaat GPM Anugerah yang terletak di jalan Soekarno-Hatta
Ohoijang Langgur Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara.

Rangkaian kegiatan dimulai dari persiapan yang dilakukan oleh masing-masing jemaat dengan menata tampilan menu yang diaolah dari potensi yang dimiliki oleh masing-masing jemaat dan dilanjutkan dengan proses penilaian oleh Tim penilai yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, dan pihak kesehatan.
Tim juri yakni: Ny. Tinny B.F. Rahanra (Ketahanan Pangan Malra; Ny. Tresia E. Parera/R; Ny. E. Heatubun (Ketahanan Pangan Kota Tual); Nn. Tira F. Rahanra (Staff Ketahanan Pangan Malra)dan Ny. N. Oraplean ( Kapuskesmas Un Tual)
Menurut Ketua Tim Juri Ny. Tinny Rahanra/N, bahwa yang dinilai adalah kreasi pengolahan dan nilai komersial.
Acara dilanjuttkan dengan pelaksanaan peluncuran perdana/ Lounching Media Informasi dan Komunikasi 
Pada pelaksanan lounching tersebut selain para pendeta se-Klasis juga dihadiri oleh Pemerintah Kota Tual yang diwakili oleh Drs. Syamsyudin Tamher dan yang mewakili wakil Walikota : Jamal Renuat, S.Pd Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Maluku Tenggara Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si. 
serta beberapa Dinas/Instansi pada Pemerintahan Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara. Demikian Pula Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tenggara, Ibu. Non Beruatwarin.

Ketaua Tim Buletin Vo'vo
Frans Matwear.S.Pi
Ketua Majelis Pekerja Klasis PP. Kei Kecil Dan Kota Tual, Pendeta F.J Syahailatua, S.Th dalam sambutannya lebih dahulu menjelaskan berbagai hal terkait dengan proses hadirnya  Media Informasi dan komunikasi Klasis sebagai jawaban dari PIP RIP Gereja Protestan Maluku dalam bentuk buletin cetak maupun online. Dijelaskan oleh Ketua Klasis untuk penamaan buletin Vo'vo dilatar belakangi oleh Pengertian dari Vo'vo itu sendiri yang dalam bahasa Kei memiliki arti suara lonceng gereja. Dengan demikian Buletin Vo'vo dideskripsikan sebagai : "Menyuarakan Berita Sukacita".  Bahwa harapan adanya media informasi Klasis bukanlah suatu ide atau pikiran yang baru, melainkan sudah sejak lama menjadi pergumulan sejak persidangan Klasis Tahun 2016 dan baru terealisasi oleh Tim Buletin bersama Sekretaris Klasis Pdt Ny. I. K. Koljaan, S.Th. dan memang tahun 2015 pernah terbit namum kemudian pasif, tambah Pdt Iwan (Sapaan akrab Ketua MPK)
Lanjut Pdt. Iwan, tidak sedikit kendala yang dihadapi tim sampai pelaksanaan louncing yakni minimnya sarana yang dimiliki Tim, namun syukur kepada Tuhan Yesus kepala Gereja, atas kerja keras dan kerjasama dengan berbagai pihak. maka hari ini louncing dapat dilaksanakan. 
Menurut Pdt Iwan, isi dari Buletin  Vo'vo  cetak maupun online difokuskan pada pelaksanaan Kesaksian dan Pelayanan dalam Klasis yang terdiri dari 16 Jemaat sebagaimana yang telah diputuskan dalam persidangan jemaat masing masing.
Media ini hadir prinsipnya untuk membawa khabar sukacita sehingga dalam membangun sinergitas antara Gereja dengan Pemerintah Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara, maka berbagai program pemerintah yang dilaksanakan dapat diinformasikan kepada masyarakat, lanjut Pdt. Iwan.
pada kesempatan yang sama, ketua Tim Buletin Vo'vo, Frans J. Matwear menjelaskan konten-konten yang terdapat dalam buletin, baik cetak maupun online. Frans berharap ada dukungan Pemda Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara terkait fasilitas cetak. Frans juga menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati Maluku Tenggara, Ir, P. Beruatwarin yang mencoba membantu tim dalam upaya cetak walaupun Tim belum berhasil mencetak Buletin dalam ukuran A3.
Gereaja akan selalu membuka diri untuk bersama Pemerintah Daerah
Pembukaan Blogspot Oleh Ketua MPK
Pelaksanaan lomba pengolahan pangan lokal adalah salah satu wujud komitmen Jemaat-jemaat dalam Klasis PP Kei Kecil dan Kita Tual untuk mendukung program pemerintah. baik Kota Tual Maupun Kabupaten Maluku Tenggara. Untuk lomba pengolahan pangan lokal diikuti oleh 16 Jemaat dalam wilayah pelayanan Klasis dengan menampilkan berbagai macam olahan makanan yang bersumber dari potensi yang dimiliki oleh masing-masing jemaat baik hasil laut maupun hasil darat.
Untuk penilaian terhadap kreasi dari jemaat-jemaat, maka Klasis bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, Tim Penggerak PKK Kota Tual dan Maluku Tenggara.
Pemenang kategori Luch Box : Juara 1 Jemaat GPM Tual, Juara 2 Jemaat GPM Anugerah; Juara 3 Jemaat GPM Elaar dan Harapan 1 Jemaat GPM Ohoira; Harapan 2 Jemaat GPM Wab; harapan 3 Jemaat GPM  Ohoidertawun.
Wakil  Ketua Penggerak PKK Kab Malra Ibu R. Beruatwarin
Pemenang Kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersial adalah : Jemaat GPM Anugerah Juara 1; Jemaat Tual Juara 2; Jemaat GPM  warbal Juara 3 dan Harapan 1 Jemaat GPM Elaar; Harapan 2 Jemaat GPM Warwut; dan harapan 3 Jemaat Ur Pulau. Masing-masing pemenang diberikan Piagam Penghargaan.
Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan memberikan kesempatan kepada seluruh tamu dan undangan melihat hasil kreasi pengolahan pangan lokal dari 16 Jemaat yang ada di Klasis Pp. Kei Kecil dan Kota Tual.
Bahkan diberikan kesempatan kepada Ibu R. Beruatwarin, Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tenggara untuk memberikan masukan terkait pelaksanaan lomba pengolahan pangan lokal yang juga merupakan program Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara.

admin-Fr
Gallery




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar