SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE KLASIS GPM PULAU-PULAU KEI KECIL DAN KOTA TUAL

Pengunjung saat ini

Jumat, 14 April 2023

Perayaan Paskah Jemaat GPM Dian Klasis PP Kei Kecil Dan Kota Tual 2023

Suasana nonton bareng (nobar) di Lokasi Kebaktian Kubur Terbuka

Dian.Buletin Vovo. Perayaan Paskah merupakan peristiwa penting dan mendalam dan diimani oleh umat Kristen dan Katolik, sebagai Hari Kemenangan atau Kebamgkitan Tuhan Yesus.

Kebangkitan Yesus ini menunjukan bahwa kehidupan manusia akan kekal, melampaui dosa dan maut. 
Paskah juga menjadi konfirmasi penuh atas semua ajaran Tuhan Yesus. Kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati membuktikan bahwa diri-Nya Anak Allah yang datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan maut.  
Perayaan Paskah Kristus di tahun 2023 ini, juga dirayakan oleh Jemaat GPM Dian, Klasis PP Kei Kecil dan Kota Tual  dengan berbagai kegiatan berbasis unit-unit pelayanan.

Kebaktian Kubur Terbuka

Menurut Ketua Majelis Jemaat GPM Dian, Pdt. Y. Tronanawowoy, umat diarahkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan sesuai kreativitas Majelis dan Pengurus Unit bersama dengan Pengasuh seperti cerdas cermat Alkitab (CCA) serta kegiatan lainnya.  Ibadah Pra Paskah dilaksanakan dengan penuh hikmat  dilanjutkan dengan beberapa kegiatan dan setelah itu seluruh umat dari Unit pelayanan diarahkan ke lokasi  Perayaan Kubur Terbuka.

Dalam upaya pemaknaan terhadap Via dolorosa atau jalan penderitaan Tuhan Yesus, maka dilakukan (Nobar.red) pemutaran film " The JESUS (Kehidupan Tuhan Yesus)". 

Antusias warga jemaat terpantau cukup baik melalui kehadiran orang tua, pemuda bahkan anak-anak di pelataran depan Gereja Jemaat GPM Dian. Sambil menunggu dilaksanakan Kubur Terbuka, maka dilakukan nonton bersama Film Kehidupan dan Karya Tuhan Yesus. 

Suasana Kebaktian Kubur Terbuka

Terkait dengan pemutaran film Tuhan Yesus, menurut Pdt Yus yang juga anggota Majelis Pekerja Klasis(MPK) Kei Kecil dan Kota Tual, umat diharapkan tidak hanya  diingatkan tentang kisah dan karya Tuhan Yesus, namun yang terpenting adalah bagaimana jemaat memaknai pengorbanan besar melalui siksaan, hujatan, pukulan, hinaan bahkan ketaatan Kepada Allah sampai mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. 

Tidak sedikit yang mengeluarkan air mata ketika menyaksikan penyiksaan, pemukulan bahkan ketika paku tertancap pada kaki dan tangan Tuhan Yesus.

Setelah pemutaran film berakhir dilanjutkan dengan puji-pujian bersama yang di sponsori oleh Angkatan Muda  GPM Cabang Maranatha menyongsong pelaksanaan kebaktian Kubur Terbuka yang dilayani oleh Calon Pendeta Nn. Bell C. Soplanit, M.Si.

Suasana Kebaktian Kubur Terbuka yang dilayani oleh Calon Pendeta Nn. Bell. C. Soplanit, M.Si

Puncak acara paskah yang dilaksanakan di Jemaat Dian adalah Pawai Obor keliling jemaat dan berakhir dengan mencari telur paskah yang di khususkan kepada anak-anak sebagai lambang mencari kehidupan baru..

Perayaan Paskah tahun ini di bawah sorotan tema : “Wartakanlah Berita Paskah Yang membebaskan!” 

Bebas bukan berarti bebas melakukan dosa karena sudah ditebus, bukan untuk hidup dalam dukacita kematian Yesus di kayu salib tetapi bebas yang membawa kita  pada sukacita transfomasi atau perubahan yang dilakukan Allah melalui peristiwa kematian  dan kebangkitan itu.

Walaupun Kegiatan menyongsong Kubur terbuka dilakukan semalam suntuk, namun Kebaktian Paskah I tetap dilaksanakan pada Minggu Jam  09.00 Wit dan dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Jemaat GPM Dian. Pdt Yustus  O. Tronanawowoy

Kegiatan pra Paskah di salah satu unit pelayanan 

Admin YT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar