SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE KLASIS GPM PULAU-PULAU KEI KECIL DAN KOTA TUAL

Pengunjung saat ini

Selasa, 27 Juni 2023

JEMAAT GPM TANIMBAR KEI GELAR BAKU DAPA ANAK DAN REMAJA LINTAS AGAMA TAHUN 2023

 

Kebaktian Pembukaan BADAR Lintas Agama Jemaat GPM TANIMBAR KEI tahun 2023

Walaupun Jemaat GPM Tanimbar Kei Termasuk Jemaat yang jumlah jemaatnya terbilang sedikit bila dibandingkan dengan jemaat lainnya yang ada di Klasis Pulau-pulau Kei Kecil dan Kota Tual, namun oleh Ketua Majelis jemaat berusaha untuk terus berinovasi dalam rangka meningkatkan spritualitas Anak dan Remaja di Jemaat GPM Tanimbar Kei sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Persidangan Jemaat. Beberapa waktu lalu, Komisi Pelayanan Anak dan Remaja baru saja menggelar Baku Dapa Anak Dan Remaja (BADAR) Lintas Agama tahun 2023. Kegiatan yang dilakukan sejak 20 Juni hingga 22 Juni ini mengikutsertakan anak dan remaja dari tiga komunitas agama yaitu Kristen Protestan, Kristen Katolik, dan Hindu. Pengasuh yang memandu kegiatan BADAR juga dirangkul dari  tiga komunitas agama, mengingat pengasuh SM-TPI Jemaat GPM Tanimbar Kei hanya berjumlah 3 orang.
Aktivitas anak-anak pada Pojok Seni Berbicara
Warna-Warni Baku Dapa Anak Dan Remaja Lintas Agama Tahun 2023

Aktivitas seru dan menarik dilakukan selama Kegiatan BADAR Lintas Agama kali ini. Beberapa diantaranya: Sosialisasi Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) Oleh Kak Thatha Soarubun, S.KM. Ada juga penyampaian materi tentang pentingnya toleransi bagi anak dan remaja oleh Pdt. N.G.Remiasa, serta pentingnya norma dan nilai hidup bagi anak dan remaja yang disampaikan oleh Kak Maya Lefmanut, S.PdK. Di setiap sesi pemberian materi selalu diselingi games seru dan menarik dengan pemandu pengasuh lintas agama.
Anak Dan Remaja Sedang Berlatih Alat Musik Ukulele pada Pojok Seni Suara dan Musik
Hari kedua kegiatan BADAR diisi dengan aktivitas pengembangan minat dan bakat lewat Pojok Minta dan Bakat. Ada 3 jenis pojok minat dan Bakat yang tersedia yakni Pojok Seni Gerak dan Tari yang dibimbng oleh Kak Pengasuh Jeani Jamco dan Kak Pengasuh Ria Tabalubun. Pojok Seni Bertutur dengan pembimbing kak pengasuh Maya Lefmanut, S.PdK dan kak pengasuh Yuly Jamco, S.Pd, serta Pojok Seni Musik dan Suara yang dibimbing oleh kak Pengasuh Ace Jamco dan Bung Riki Jamco. Selain merangsang kreativitas lewat minat dan bakat, anak dan  remaja juga diarahkan untuk mencintai alam, dan bekerjasama memecahkan masalah atau rintangan melalui kegiatan Lintas Alam.
Menjelang malam  hari, anak dan remaja melakukan persiapan  Malam  Api Unggun yang menjadi Puncak Pelaksanaan BADAR Lintas Agama tahun 2023. Tepat pukul 20:00 WIT, acara penutupan BADAR Lintas Agama dimulai dengan diawali akta penyalaan Api Unggun. Sejumlah penampilan anak dan remaja dari tiga pojok minta dan bakat dipentaskan dalam kemeriahan malam penutupuan BADAR Lintas Agama ini. Di penghujung acara, Pdt.N.G.Remiasa memandu doa Penutupuan kegiatan BADAR dan dilanjutkan denga sesi  istirahat berupa snack bersama.
Salah satu games seru yang dipandu oleh Pengasuh Lintas Agama
Sepenggal Harapan Dari BADAR Lintas Agama Jemaat GPM Tanimbar Kei Tahun 2023
Toleransi selalu digaungkan dalam setiap agenda yang berlansgung di ohoi maupun komunitas agama-agama di Tanimbar Kei. Jemaat GPM Tanimbar Kei juga menyadari pentingnya hal itu. Oleh karenanya melalui kegiatan BADAR Lintas Agama Tahun 2023 ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran anak dan remaja akan pentingnya toleransi sejak dini.
Anak Dan remaja tengah Berlatih Alat musik pianika pada Pojok Seni Suara dan Musik
Anak dan remaja menjadi subjek menumbuhkembangkan kesadaran bertoleransi itu.  Mereka adalah penentu  masa depan masyarakat dan bangsa ini ke depan. Jika saja anak dan  remaja tidak dididik untuk memahamai toleransi dalam hidup bersama, maka tentu mudah sekali terpapar fanatisme, individualisme, radikalisme yang berujung pada perpecahan. Dengan adanya kegiatan BADAR Lintas Agama yang diprakarsai oleh jemaat GPM Tanimbar Kei tahun 2023, anak dan remaja mampu menumbuhkkembangkan nilai-nilai tolerasi, sehingga toleransi tidak hanya sebatas gaung / wacana saja, tetapi menjadi karakter hidup orang Tanimbar Kei.

Admin/KMJ, Pdt Natalia

Galeri Kegiatan
penyampaian materi Perilaku Hidup Sehat Dan Bersih

Pojok Seni Gerak Dan Tari

Salah satu tantangan dan games seru selama Kegiatan Lintas Alam

Malam Api Unggun -Puncak Kegiatan Badar Lintas Agam Jemaat GPM TANIMBAR KEI

Salah satu pentasan tarian adat di Malam Api Unggun

Arahan Kakak Pengasuh Dalam Kegiatan Lintas Alam




Tidak ada komentar:

Posting Komentar